enzimini

Toilet

Betapa penting fasilitas toilet untuk kebutuhan publik. Beriring dengan semakin sadarnya masyarakat terhadap kebersihan, toilet menjadi pilihan wajib untuk didahulukan dalam membangun prasarana khalayak ramai. Desainnya juga diusahakan semenarik mungkin.

Dahulu, bila akan membuang hajat, banyak yang pergi ke sungai. Atau masuk ke area persawahan atau hutan. Bahkan, dimanapun tempat. Ditutup dengan tanah. Atau dedaunan. Namun, dalam perjalanan masa, orang semakin sadar tentang kebersihan, kesehatan dan kepatutan. Maka, dibangunlah model-model kamar pembuangan hajat dengan berbagai variasi sesuai dengan lingkungan.

Tahukah Anda, bahwa toilet, sudah ada sekitar 2.400 tahun yang lalu. Jauh lebih tua dari kamar buang abad ke-16 di Inggris.

Toilet yang ditemukan terakhir oleh arkeolog Liu Rui, ternyata ada di Kota Xi’an, Propinsi Shaanxi, Cina. Artefak Toilet ini diperkirakan dibangun pada waktu Dinasti Qin. Tahun 475 -221 Sebelum Masehi. Diduga, Pangeran Xian dari Qin (424-362 SM) dan puteranya, Pangeran Xiao dari Qin (381-338 SM) yang merupakan pemimpin Kerajaan Qin selama perang saudara tersebut adalah pengguna toilet tersebut.

Model toilet, oleh para arkeolog dinilai modern. Karena desainnya seperti alat untuk duduk. Namun, banyak ahli yang berpendapat, bahwa jenis toilet yang ditemukan model jongkok, sebagaimana yang dipakai pada saat Dinasti Han berkuasa.