enzimini

Saraf Kranial

Saraf merupakan jaringan yang rumit. Saraf satu dengan yang lain terhubung. Fungsinya adalah mengatur setiap kegiatan dalam tubuh. Setiap aktivitas manusia, dikendalikan oleh sistem saraf.

Sistem saraf ini dapat terbagi menjadi dua bagian, yaitu saraf pusat dan tepi. Pada bagian pusat, terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Sedangkan belahan lain terdiri dari syaraf somatik (sistem dalam tubuh yang digunakan tetapi tidak banyak dipikirkan), dan otonom (sistem saraf motorik).

Dari sekian banyak saraf ada yang namanya saraf kranial. Saraf ini adalah bagian penting yang terdiri dari 12 pasang saraf dan tersebar pada bagian depan hingga belakang otak. Fungsi saraf kranial adalah untuk menghubungkan otak dengan otot, organ indra, kelenjar, dan organ tubuh di bagian leher, kepala, serta dada tanpa melewati sumsum tulang belakang.

Saraf kranial memiliki fungsi sensorik dan motorik. Sensorik membawa sinyal rangsangan dari luar tubuh untuk dikirim ke otak. Sedangkan motorik bertugas membawa perintah dari otak menuju bagian tubuh tertentu untuk menghasilkan respons tubuh terhadap rangsangan

Kedua belas pasang saraf itu adalah: