rupa-rupa

Perjalanan Mencari Kitab Suci

Kulo kelambine
Abdi nu sampingna
Kulo sing nduwure
Abdi nu handapna
Kulo saking Jogja
Abdi mah ti Bandung
Kulo gudeg Jogja
Abdi peuyeum Bandung
Gudeg Jogja
Peuyeum Bandung
Satu cinta satu jantung

Nukilan syair diatas adalah tembang bernuansa tradisional yang dilantunkan oleh Evie Tamala dan Jhonny Iskandar. Meskipun bernada kocak, mendengarkan lagu itu tetap enak didengar. Irama pengiringnya yang merupakan perkawinan antara pop jawa dengan sunda. Kendang sunda terdengar dominan yang membikin tangan dan kaki tergerak untuk ngibing.
Melakukan perjalanan ke timur dan ke barat itu berbeda. Andai ke timur, saya selalu mempersiapkan diri untuk menyesuaikan keadaan kebudayaan timur. Bila saya menuju ke barat, sayapun selalu mempersipakan diri dengan segala sesuatunya. Meski masih dalam satu wilayah, namun ternyata tingkat  harmonisasi timur dan barat sangat berbeda.
Kali ini, saya harus melangsungkan kunjungan ke barat. Ibarat mencari kitab suci untuk bekal motivasi, instropeksi diri, menata ulang kembali. Saya memang haus terhadap hal-hal mutakhir. Saya juga perlu menimba kembali air yang ada dalam ceruk tirta kehidupan.
Perjalanan ke barat, khususnya ke Bandung, sebenarnya memiliki aura menggelegak. Dari sisi panorama yang menghipnotis keindahan. Dari sudut pengetahuan dan teknologi yang menawan (siapa yang tak kenal Institut Teknologi Bandung), dan tentu ada titik-titik nostalgia yang membuncah untuk dikupas lapis demi lapis.
Paris Van Java merupakan predikat lain kota Bandung. Apa pasal? Karena keragaman bunga-bunga yang tumbuh di kota ini. Bunga-bunga tersebut berasal dari berbagai jenis, seperti mawar, kamboja, anggrek dan lain-lain. Sehingga Bandung menjadi magnet bagi wisatawan.
Kota kembang, semula merupakan sebagai pusat industri kebun bunga. Julukan ini tercetus dari konggres Pengusaha Gula tahun 1885. Kota ini sengaja dipilih karena pesona wanita yang mampu menghibur dan menarik hati para pengusaha gula. Bukan isapan jempol, bila neng geulis tetap manis dipandang mata.
KA Malabar Jogja – Bandung